Cara Budidaya Jeruk Secara Organik

Cara Budidaya Jeruk Secara Organik – Apakah anda ingin membudidayakan Tanaman Jeruk secara organik ?

Melalui artikel ini akan kami jelaskan tahapan dan cara untuk membudidayakan Buah Jeruk melalui cara – cara organik. Terlebih dahulu anda harus mengetahui tentang syarat untuk menanam tanaman Buah Jeruk adalah sebagai berikut :

  1. Membutuhkan rata – rata 6 s/d 9 bulan untuk musim hujan dengan curah hujan sekitar 1000 s/d 2000 mm/th.
  2. Pemberian air yang cukup antara bulan Juli s/d Agustus setiap tahun.
  3. Suhu ideal rata – rata kisaran 25 s/d 30 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban yang ideal antara 70 s/d 80 persen sedangkan pH tanah antara 5,5 s/d 6,5.
  4. Tanaman Buah Jeruk cocok dengan kondisi air yang mengandung garam rata – rata kisaran 10 persen.
  5. Tanaman Buah Jeruk kurang menyukai tempat yang sinar mataharinya kurang tersedia.

Sekarang mari dilihat tentang tahapan – tahapan untuk membudidayakan Buah Jeruk adalah sebagai berikut : persiapan pengolahan lahan, penanaman dan pemupukan serta pemanenan.

Langkah awal dalam Cara Budidaya Jeruk adalah anda diharuskan untuk mengolah lahan yang sudah tersedia terlebih dahulu dengan cara dicangkul atau ditraktor hingga lahan siap untuk ditanami tanaman Buah Jeruk. Lahan berlokasi di tempat yang terbuka dengan ketinggian rata – rata 700 s/d 1300 meter.

Selanjutnya mempersiapkan lubang tanam dengan ukuran rata – rata 60 Cm x 60 Cm x 50 Cm sekitar 2 minggu sebelum proses penanaman dilakukan.

Yang kedua siapkan benih / bibit unggul yang berasal dari silsilah induk pohon yang mampu berbuah lebat dengan rasa buah yang manis. Bibit ini bisa anda beli di toko – toko yang khusus menjual bibit buah – buahan dan tanaman hias lainnya. Pastikan pembungkus dalam kondisi rapi karena jika ada sedikit saja lubang maka kemungkinan besar hama / penyakit akan dengan mudah mengontaminasi benih yang akan anda beli.

Yang ketiga adalah setelah lubang – lubang dan benih siap untuk diaplikasikan maka selanjutnya adalah memperhatikan jarak antar tanaman berkisar antara 4 s/d 5 m untuk ukuran panjang dan 4 s/d 6 m untuk lebar.

Yang keempat adalah memberikan pemupukan dasar yang berfungsi untuk meningkatkan terjadinya proses pertumbuhan akar yang berpengaruh besar terhadap perkembangan pada tanaman. Olahan media tanam yang dimaksud adalah dengan menyediakan 2 s/d 10 Kg pupuk kandang dengan rata – rata berat kisaran 100 s/d 300 gram. Pemberian pupuk wajib dilakukan sekitar 1 s/d 7 hari sebelum melakukan proses penanaman.

Langkah kelima adalah melakukan proses pemupukan dengan cara yang benar sehingga kondisi tanah kesehatannya tetap terjaga. Anda bisa menggunakan pupuk POC NASA yang sudah dicampur dengan air secara merata sesuai dosis / petunjuk dalam kemasan pupuk.

Langkah keenam adalah memberikan ‘mulsa’ jerami, daun kelapa, atau daun – daun yang lainnya bebas dari hama / penyakit di sekitar area pembibitan, hindari meletakkan daun – daun ini berdekatan dengan batang agar tak terjadi pembusukan batang.

Langkah ketujuh adalah masa pemeliharaan, anda wajib lebih fokus memperhatikan kegiatan – kegiatan rutin seperti penyulaman, penyiangan, pembumbunan dan penjarangan buah serta mulai melakukan pemangkasan guna mengendalikan hama / penyakit. Pemangkasan atau penjarangan wajib dilakukan dengan tujuan agar dapat membentuk tajuk pohon dan cabang – cabang yang sakit memang harus dihilangkan. Bekas luka dari pemangkasan selanjutnya ditutup dengan memakai lilin dan fungisida guna mencegah masuknya hama / penyakit.

Langkah kedelapan adalah ketika anda akan melakukan penyiraman, perhatikan jangan sampai kelebihan air. Yang pas adalah tanaman Buah Jeruk dialiri oleh air sekali dalam seminggu terutama saat sedang musim kemarau. Lakukan juga penggemburan tanah di sekitar tanaman untuk selanjutnya ditutup dengan mulsa. Apabila terlihat tanda bakal buah sudah keluar maka perlu melakukan penjarangan atau pembungkusan buah sehingga hama / penyakit sulit mengganggu.

Langkah terakhir adalah tahap pemanenan dilakukan ketika buah – buah tersebut sudah memperlihatkan tanda ranum / masak optimal ketika memasuki usia tanaman Buah Jeruk rata – rata sekitar 28 s/d 36 minggu atau bisa berubah – ubah sekitar waktu ini tergantung dari varietas masing – masing. Ketika akan melakukan pemetikan, maka gunakan gunting pangkas agar lebih mudah melakukan pemetikan.

Demikian kami menjelaskan tentang cara budidaya Buah Jeruk secara organik, semoga  bisa untuk menambah wawasan dan bermanfaat !

Updated: —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian dan Definisi © 2017 Frontier Theme