Pengertian Blogger Dan Ngeblog

Pengertian Blogger Dan Ngeblog –  Beberapa dekade terakhir. Profesi dengan blogger dan ngeblog begitu booming dan hits di seluruh dunia. Amerika sebagai kiblat teknologi mungkin sudah lama mengenal blogger dan ngeblog.

Tapi, di Indonesia, blogger dan ngeblog mulai dikenal publik sekitar awal tahun 2000-an. Masyarakat Indonesia masih belum begitu mengenal blogger dan ngeblog karena akses internet belum merata menjangkau ke seluruh wilayah.

Namun, setelah kemudahan akses jaringan internet mulai masuk ke wilayah – wilayah terpencil atau pedesaan. Maka, komunitas – komunitas blogger mulai menjamur di mana – mana.

Pengertian Blogger dan Ngeblog

Blogger atau ngeblog sama- sama berasal dari kata blog. Pada kamus bahasa Indonesia, kata blog belum tercantum. Tapi jika dilihat dalam kamus atau istilah komputer dan teknologi informatika, kata blog bisa diketahui pengertiannya.

Menurut istilah kamus komputer online dari perpustakaan Nasional Republik Indonesia, blog adalah sebuah situs yang memiliki sejumlah laman pribadi online dan sang pengguna bebas menuliskan jurnal harian atau jurnal pribadi pada halaman itu.

Secara pengertian bebas, blog bisa dikatakan sebagai media yang daring untuk kegiatan menulis jurnal harian atau konten tertentu dengan tujuan untuk mempublikasi informasi. Blog kini bisa dipakai oleh semua orang. Baik individu maupun instansi.

Sedangkan, ngeblog bisa diartikan sebagai kegiatan menulis dalam blog secara kontinyu bahkan bisa dianggap sebagai hobi atau kegiatan profesi.

Klasifikasi blog

Dalam praktiknya, blog bisa terdiri dari berbagai jenis.

  • Blog politik
  • Blok agama
  • Blok hukum
  • Blog penelitian
  • Blog sastra
  • Blog bisnis
  • Blog pendidikan
  • Blog seni
  • Blog kecantikan, dan sebagainya.

Sesuai dengan peruntukkannya, maka jenis blogger juga bisa mengikuti kategori blog. Misalnya, fashion blogger, beauty blogger, dan sebagainya.

Apa itu blogger

Blogger atau orang yang senang menulis dalam blog. Biasanya memiliki bakat menulis secara alami yang bisa dimanfaatkan untuk keuntungan bisnis.

Blogger yang menulis aktif dalam blog pribadi bisa menjadi blogger acuan untuk khalayak dalam memperoleh informasi tertentu. Demikian pula dari segi bisnis. Banyak perusahaan yang membutuhkan copy writer atau pemasaran dalam konten blog sehingga menyewa jasa blogger untuk memperbarui blog setiap hari.

Apa itu Ngeblog

Ngeblog sendiri berasal dari kata blog. Berupa kegiatan menulis secara kontinyu untuk memberikan manfaat pada si pembaca. Kegiatan ngeblog atau menulis di blog saat ini mungkin bisa dilakukan oleh setiap orang. Tetapi, tidak semua orang bisa menulis sebuah konten blog yang berkualitas dan menyajikan informasi yang segar.

Cara agar ngeblog bisa bermanfaat dan berkualitas:

  • Ngeblog bukan hanya untuk menulis atau mencurahkan isi pikiran dan hati. Tetapi, juga bisa untuk mencari penghasilan.
  • Tulis sebuah tema yang lebih dikuasai sehingga menulis menjadi lebih semangat dan nyaman.
  • Cari suasana yang tepat dalam menulis agar tidak mudah bosan dan suasana hati yang baik.
  • Berikan tulisan yang memberi manfaat jangka panjang untuk pembaca. Tulisan ini biasanya akan lebih diminati dan memberikan page view tinggi.
  • Sering sering lah membaca. Karena dengan membaca Anda bisa mendapatkan sumber materi baru untuk tulisan blog.

Blogger atau ngeblog yang jelas saat ini benar- benar bisa menjadi profesi yang menguntungkan. Selama tulisan atau media internet masih bisa dijangkau secara merata oleh masyarakat luas. Maka kemungkinan besar potensi blogger dan ngeblog masih bisa diharapkan.

Namun, kehadiran vlog dan vlogger, mungkin akan menggeser sedikit demi sedikit keberadaan blog dan blogger. Kita tunggu saja…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian dan Definisi © 2017 Frontier Theme