Pengertian cinta dan asmara

Pengertian cinta dan asmara – Definisi dari cinta adalah sebuah kegiatan rohani dari dalam diri manusia yang merupakan suatu ketertarikan pribadi  seseorang terhadap objek lain, baik itu sesama manusia maupun dengan benda hidup atau benda mati lainnya.

Pendapat lainnya  juga mengungkapkan bahwa cinta adalah merupakan suatu ketertarikan seseorang terhadap orang lainnya ataupun benda mati yang melibatkan perasaan, empati, kasih sayang, dan juga mewarisi atau meyakini hal-hal baik dari hal yang  dicintainya.

Sedangkan, definisi dari asmara adalah suatu keromantisan dari seseorang terhadap orang yang dicintainya. Asmara umumnya terjadi pada anak-anak muda, remaja yang sedang merasakan indahnya bunga-bunga cintanya. Meskipun, tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang yang sudah tua.

Cinta merupakan suatu kata yang mempunyai arti yang sangat rumit untuk dijelaskan. Karena, pengertian cinta berbeda-beda menurut pendapat orang.

Ada yang bilang cinta itu membuat kita bagai terbang ke langit ketujuh. Ada yang bilang cinta itu menyakitkan bagai ditusuk pisau tapi tak berdarah.

Ada juga yang bilang cinta memang  tak bisa diungkapkan dengan  kata-kata karena sangat indah. Orang yang  sedang jatuh cinta biasanya hanya akan melihat satu sisi dari sesuatu atau orang yang  dicintainya, yaitu sisi yang baik dan mengabaikan sisi buruknya.

Benar kata orang-orang bahwa cinta itu buta. Bagaikan dapat merasakan sesuatu yang indah tapi tidak dapat melihat sisi lainnya yang sudah tertutupi cinta itu.

Contoh cinta terhadap sesuatu:

  • Cinta terhadap kekasihnya
  • Cinta kepada tuhannya
  • Cinta kepada kedua orang tua
  • Cinta kepada barang kesayangan
  • Cinta terhadap hewan kesayangan
  • Cinta terhadap Negara atau tanah kelahirannnya, dan masih banyak lagi.

Asmara berbeda dengan cinta. Jika,  cinta berkonteks terhadap semua benda. Tetapi, asmara berkonteks hanya dengan lawan jenisnya saja. Seperti, manusia terhadap manusia, hewan terhadap hewan. Orang yang sedang dilanda oleh asmara biasanya disebut kasmaran.

Asmara juga berbeda dengan cinta dari sisi pandangnya. Jika, cinta hanya memandang sisi baiknya, asmara memandang semua sisi baik, buruk, kasih saying,  benci, rindu, cemburu, dll.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) sendiri artinya adalah perasaan suka terhadap lawan jenis. Orang yang sedang dilanda api asmara biasanya akan mudah jatuh cinta kepada seseorang.

Asmara itu timbul dari kelakuan, gerak-gerik, kebiasaan seseorang. Sedangkan, cinta timbul dari perasaan dan juga hati seseorang.

Karena, cinta bisa atau mudah berubah-ubah tergantung  suasana ataupun keinginan kata hati seseorang yang tidak ada orang yang  tahu kecuali dirinya  sendiri dan juga tuhan. Hal itu  terjadi karena hati orang memang mudah sekali dibolak-balik dan berubah-ubah perasaannya.

Seseorang yang  dilanda asmara biasanya akan sulit membedakan antara cinta beneran atau hanya obsesi atau nafsu semata. Orang yang sedang dilanda asmara biasanya akan mencari tau semua hal tentang orang yang ada diobsesinya.

Dia akan mencari dari berbagai sumber tentang orangnya, baik itu sifat baiknnya maupun sifat buruknnya,, atau bahkann sampai ke dalam kehidupannya sekalipun.

Hal itu akan membuat seseorang melupakan dirinya sendiri karena lebih mementingkan orang lain. Sehingga dia tidak akan memikirkan dirinya sendiri, karena dia berpikir memikirkan orang yang  disukainya lebih penting daripada memikirkan dirinya sendiri yang dia sudah tau seluk beluknya.

Inilah bahaya dari seseorang yang  sedang dilanda api asmara akan membuat jatuh cinta, dan cinta itu membutakan segalanya. Seseorang cenderung melakukan sesuatu hal yang ‘ekstrem’ sekalipun untuk mencapai tujuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian dan Definisi © 2017 Frontier Theme