Pengertian dan Definisi Downdraft

Rabu, April 19th, 2017 - Ilmu Pengetahuan, Teknologi

Pengertian dan Definisi Downdraft – Sama seperti transportasi laut, transportasi udara juga sangat dipengaruhi oleh cuaca. Itulah kenapa pengetahuan akan cuaca sangat diperlukan.

Karena meskipun pada cuaca cerah sekalipun, fenomena alam yang dapat mempengaruhi transportasi udara atau laut sangat besar kemungkinannya untuk terjadi.

Pada transportasi udara, fenomena cuaca ini yang biasa terjadi adalah turbulensi yang hanya berupa guncangan pada pesawat dan downdraft yang ternyata lebih berbahaya dibandingkan turbulensi.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Hutan

Mungkin tidak banyak orang yang pernah mendengar tentang downdraft dibandingkan dengan turbulensi. Tidak heran, karena memang turbulensi lebih sering terjadi dibandingkan dengan downdraft.

Dan sebenarnya, tidak hanya downdraft yang juga harus diketahui jika kita ingin mengenal dunia penerbangan. Karena ada pula yang namanya updraft yang merupakan kebalikan dari downdraft.

Terdapat persamaan antara turbulensi, downdraft dan updraft. Yaitu sama- sama merupakan fenomena alam yang terjadi karena perubahan aliran udara.

Aliran udara hangat dan dingin atau cepat dan lambat dapat menjadikan pesawat yang melewati aliran udara tersebut mendapatkan guncangan.

Semakin besar perubahan yang terjadi semakin besar pula guncangan yang akan didapatkan oleh pesawat yang dikenal kemudian dengan istilah turbulensi.

Sama dengan turbulensi, hanya saja downdraft dan updraft adalah perubahan aliran udara yang terjadi secara vertikal. Jika yang terjadi adalah downdraft, pesawat yang melintasi area perubahan aliran udara ini secara otomatis akan terhentak turun secara tiba- tiba seperti pesawat yang sedang mengalami mesin mati.

Semakin besar kecepatan angin vertikal, maka akan semakin besar pula downdraft yang akan dirasakan. Begitu pula dengan updraft yang merupakan kebalikan dari downdraft, hanya saja pesawat yang terkena updraft akan tersentak naik secara tiba- tiba.

Walaupun downdraft dan updraft juga mengakibatkan turbulensi, namun kepanikan pada penumpang akan sangat besar ketika pesawat terkena downdraft atau updraft.

Karena itulah kita disarankan untuk tidak melepaskan seatbelt walaupun pesawat sudah berada di udara. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi downdraft atau updraft kita akan tetap merasa aman.

Satu hal yang harus kita pahami jika penerbangan kita tertunda karena kendala cuaca adalah karena ketiga permasalahan ini. Karena jika penerbangan tetap dilanjutkan, akan sangat besar kemungkinannya pesawat akan terkena turbulensi, downdraft, atau updraft.

Itulah sekilas tentang definisi dan pengertian downdraft yang diharapkan bisa menjadikan kita mengerti dan memahami lebih jauh tentang dunia penerbangan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Gen