Pengertian dan Definisi Fertilisasi Internal Pada Hewan

Sabtu, Mei 27th, 2017 - Ilmu Pengetahuan

Pengertian dan Definisi Fertilisasi Internal Pada Hewan – Sebelum kita mempelajari tentang fertilisasi internal pada hewan, apakah kalian sudah mengerti apa itu feritlisasi?

Istilah fertilisasi berasal dari bahasa latin yaitu Fertilis yang memiliki arti subur. Fertilisasi dikenali oleh orang umum sebagai pembuahan.

Feritilisasi adalah suatu proses pembuahan sel telur atau ovum oleh sel sperma untuk menghasilkan zigot yang kemudian dikembangkan menjadi embrio suatu organisme makhluk hidup.

Istilah fertilisasi sebagain besar mengacu pada produksi organisme baru melalui kombinasi dari ovum dan sperma.

Pada hewan sendiri terdapat dua jenis fertilisasi yaitu fertilisasi internal dan eksternal. Jika fertilisasi internal dilakukan di dalam tubuh hewan sedangkan fertilisasi eksternal dilakukan di luar tubuh hewan. Untuk pengertian lebih lanjut simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Fertilisasi Internal

Fertilisasi internal pada hewan memilii arti sebagai pembuahan yang dilakukan di dalam tubuh induk. Sperma jantan biasanya akan dimasukkan dalam area reproduksi betina yang kemudian akan terjadi pembuahan sel ovum oleh sel sperma tersebut.

Karena prosesnya terdapat di dalam tubuh betina, fertilisasi ini lebih aman dari gangguan luar kerana tersimpan di dalam Rahim betina.

Fertilisasi internal menfalitasi kelangsungan hidup embrio secara selectif dan perlindungan yang lebih panjang sehingga dapat meminimalkan pemborosan gamet.

Namun, nilai keberhasilan di fertilisasi internal ini mempunyai nilai yang lebih rendah dari pada fertilisasi eksternal, hal ini disebabkan oleh pembentukan gamet yang lebih rendah dan jumlah yang lebih sedikit.

Proses fertilisasi internal ini pada umunya terjadi pada hewan mamalia darat seperti contohnya kambing, sapi, kuda, domba dan lain-lain.

Namun, karena hasil dari pembuahan dalam rahim  bermacam-macam dan tergantung oleh jenis hewannya maka hasil dari pembuahannya juga akan berbeda.

Seperti pada hewan ovovipar yang akan bertelur dan menetaskan bayinya waktu telur sudah keluar dari tubuhnya. Contohnya pada hewan golongan kadal.

Tentu saja telur yang dihasilkan dari hewan ovovipar merupakan telur yang bercangkang keras hal ini untuk menjaga telur hingga waktu penetasan tiba dari gangguan-gangguan luar seperti serangga, semut dan juga pemangsa.

Demikian penjelasan tentang Pengertian dan Definisi Fertilisasi Internal Pada Hewan. Semoga penjabaran diatas dapat membantu dan menambah wawasan para pembaca.

Baca Juga : Pengertian Diploblastik dan Triploblastik pada Hewan