Pengertian dan Definisi Heksana

Pengertian dan Definisi Heksana – Heksana ialah senyawa organik yang terdiri dari karbon dan hidrogen dan paling sering diisolasi sebagai produk sampingan dari minyak bumi juga penyempurnaan minyak mentah.

Di suhu kamar, heksana berupa cairan tidak berwarna dan tidak berbau serta mempunyai banyak kegunaan di bidang industri. Heksana ialah pelarut paling populer dan tak jarang dipakai untuk pembersihan di industri.

Heksana sering juga dipakai untuk mengekstrak minyak dari sayuran khususnya kedelai. Kebanyakkan kendaraan yang berbahan bakar bensin mengandung heksana juga.

Walau pun sebagaian ahli megatakkan senyawa heksana tidak mengandung racun dan hanya berisiko rendah bagi manusia dan hewan tapi masih banyak kontroversi di berbagai tempat saat berbicara seberapa sering terpapar kadang – kadang tanpa pengungkapan penuh pada makanan dan produk konsumen.

Heksana dianggap sebagai molekul yang cukup sederhana karena dengan awalan heks- menunjukkan ia mempunyai 6 atom C dan 14 atom H dengan rumus molekul C6H14.

Setiap atom C mempunyai setidaknya 2 atom H yang melekat pada tangannya kecuali untuk atom C pertama dan terakhir karena betuk ikatan C-H eksklusif  dan fakta bahwa ia cuma mempunyai ikatan tunggal bisa diklasifikasikan sebagai alkana rantai linier.

Pada suhu kamar, senyawa heksana stabil dan berupa cairan tidak berwarna. Heksana mempunyai titik leleh sekitar -139,54 ° F , titik didih 154,04 ° F , dan massa molar 86,18 gram per mol. Heksana juga merupakan molekul non polar yang artinya hidrofobik.

Di alam, heksana terjadi di beberapa tempat tapi, paling banyak tersedia di minyak bumi. Hal ini mengapa bensin mengandung konsentrasi tinggi. Saat minyak bumi dan minyak bumi yang mengandung tambang dipisahkan, ahli kimia mengisolasi senyawa tersebut kemudia dimurnikan da dijual secara komersial.

Salah satu fungsi dari heksana yang terpopuler ialah sebagai pembersih industri karena sangat efektif untuk memecah molekul dan memisahkan lemak dari zat lain.

Seiring berjalannya waktu, heksana dapat ditemukan di produk pembersih rumah tangga tapi, yang paling umum di pelarut yang dirancang untuk dipakai mesin – mesin berat.

Heksana mampu memecah bahan makanan dengan sangat efisien dan minyak yang dihasilkan siap untuk dikemas ulang dan dijual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian dan Definisi © 2017 Frontier Theme