Pengertian dan Definisi Hutan

Kamis, April 13th, 2017 - Ilmu Pengetahuan

Pengertian dan Definisi Hutan – Definisi Hutan adalah kawasan yang ditumbuhi  oleh pepohonan hijau. Hutan juga merupakan habitat dari  macam-macam flora dan fauna yang ada di dunia ini. Hutan merupakan jantung bagi bumi kita ini.

Hutan adalah tempat resapan air hujan alami yang terbuat sejak berabad-abad yang lalu. Hutan juga merupakan tempat penampungan  gas karbondioksida yang merupakan kebutuhan pepohonan untuk melakukan fotosintesis.

Di dalam hutan terdapat berbagai ekosistem. Ekosistem terdiri dari hubungan antar biotik, baik itu tanah, air, hewan, dan juga tumbuhan.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Kapasitansi

Ekosistem di dalam hutan memiliki keterhubungan yang sangat kompleks antar satu dengan lainnya. Pohon yang berfotosintesis mengambil sinar matahari, lalu menyerap karbondioksida dari udara, dan juga air dan unsur hara yang diserap dari dalam tanah.

Hutan terdapat di semua belahan dunia manapun. Baik Negara yang beriklim tropis seperti Indonesia,, Malaysia,  Singapura, dll. Maupun Negara yang mempunyai banyak musim,, seperti di Eropa maupun Timur Tengah. Saat ini peranan hutan dalam kelangsungan hidup manusia sangatlah vital.

Karena, hutan adalah tempat penghasil oksigen paling murni dan tidak terbatas  jumlahnya. Banyak hutan-hutan ditebangi hanya untuk kepentingan pribadi.

Hal inilah yang membuat bumi kita menjadi semakin panas dan pengap. Sudah tinggal sedikit udara bersih yang tersisa. Hanya  yang terdapat di pedalaman mereka-mereka yang masih bisa menghirup udara  bersih.

Hutan sendiri dibagi menjadi beberapa  macam :

Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis ini adalah hutan yang terdapat  di daerah garis khatulistiwa. Hutan ini adalah hutan yang sering terjadi hujan. Hutan hujan tropis biasanya adalah  hutan yang paling hijau, sri, dan juga terjaga kelestariannya. Hutan  seperti ini juga banyak terdapat di Negara kita Indonesia.

Indonesia adalah  salah  satu pemilik hutan hujan tropis terbanyak di dunia. Tak pelak banyak yang menjuluki Indonesia adalah Negara nusantara, karena banyak hutannya.

Indonesia juga merupakan salah satu jantung dunia yang paling vital karena keberadaannya. Apabila hutan hujan tropis ini ditebang satu persatu maka kemungkinan lapisan ozon juga akan menipis karena banyaknya pabrik-pabrik yang memproduksi bahan-bahan kimia.

Hutan Lindung/Cagar Alam

Hutan lindung atau hutan cagar alam adalah hutan yang  biasanya diberdayakan oleh pemerintah daerah setempat untuk melestarikan flora dan  fauna setempat.

Biasanya yang dimasukan dalam hutan lindung ini adalah flora dan fauna yang sudah  hamper punah ataupun sudah langka. Seperti badak bercula satu di Cagar Alam Ujung Kulon.

Lalu, ada Bunga Bangkai atau Bunga Rafflesia Arnoldi di Kebun Raya Bogor. Indonesia memiliki banyak Cagar Alam, karena banyak tumbuhan dan hewan yang sudah langka dan  juga hamper punah.

Hutan Sabana

Hutan sabana adalah hutan yang kering. Biasanya hutan-hutan seperti ini terdapat pada Negara di Afrika, Amerika, dan juga Australia.

Hutan-hutan jenis ini terjadi karena disebabkan oleh musim kemarau yang panjang. Hutan sabana biasanya tidak ditumbuhi pepohonan tinggi nan hijau macam hutan hujan tropis.

Akan tetapi hutan sabana biasanya hanya ditumbuhi rumput-rumput atau semak-semak yang tidak  terlalu tinggi. Jenis flora dan fauna yang terdapat biasanya juga tidak terlalu beragam.

Hewan yang hidup di sana hanya segelintir seperti Singa, Jerapah, Zebra, maupun Kerbau. Hutan sabana memiliki cuaca yang dingin saat musim kemarau. Tetapi akan sangat terdapat banyak air apabila musim hujan.

Hutan Pantai

Hutan pantai adalah hutan yang terletak di dekat pantai. Hutan pantai beda dengan hutan bakau yang berada di pantai. Hutan pantai biasanya  terletak sebelum letak pantai tersebut.

Contoh hutan pantai adalah hutan yang terletak di Gunung Kidul,  Yogyakarta. Hutan tersebut terletak sebelum letak pantainya. Hutan pantai biasanya  mengelilinngi pemukiman warga yang berada di daerah sekitar pantai tersebut.

Hutan yang dekat dengan kawasan pantai akan membuat suasana atau cuaca di daerah sekitar pantai tersebut menjadi tidak panas. Karena, biasanya daerah sekitar pantai udaranya panas.

Hutan Bakau

Hutan bakau ini adalah hutan yang terletak di daerah pesisir pantai atau lebih tepat berada di daerah bibir pantainya. Tujuan membuat hutan bakau adalah untuk mengurangi abrasi yang terjadi karena terkikisnya daerah pantai karena air laut.

Hutan bakau yang dikelola dengan baik  akan menjadi  potensi wisata yang menjanjikan dan akan menjadi berkah menjadi warga-warga sekitarnya.

Hutan Kota

Hutan kota adalah hutan buatan yang biasanya terletak di tengah  kota. Hutan kota dibuat untuk membuat suasana di tengah kota menjadi lebih sejuk dan asri.

Karena, biasanya udara perkotaan sangat panas dan juga pengap. Tidak semua kota mempuunyai hutan kota. Hutan kota  dapat dibuat karena kebijakan pemerintah  setempat.

Hutan Wisata

Hutan wisata adalah hutan yang memang dibangun ataupun hutan yang sudah ada tetapi memang sengaja di komersilkan oleh sekelompok tertentu.

Biasanya untuk masuk ke dalam kawasan Hutan wisata ini diberlakukan tiket masuk. Hutan wisata pengelolaannya juga baik,, peraturannya pun dibuat  sangat tegas supaya tidak merusak kawasan yang  telah ada sehingga membuatnya  menjadi jelek.

Hutan wisata biasanya terdapat di kawasan dataran tinggi ataupun lereng-lereng gunung yang biasa dibuat pendakian. Wisata alam memang sedang  gencar-gencarnya saat ini. Jadi, hutan wisata saat ini merupakan suatu  bisnis yang sangat menjanjikan.

Hutan-hutan di Indonesia sangat merata keberadaannya mulai dari aceh sampai papua. Kawasan tambang emas terbesar dunia Freeport juga berada di tengah hutan dan juga di bawah kaki gunung Cartenz Pyramid.

Mari kita jaga kelestarian hutan supaya ekosistem yang  ada didalamnya terjaga dan udara bersih tetap dapat kita hirup kelak sampai masa depan.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Tulang mandibula