Pengertian dan Definisi Proklamasi

Selasa, April 4th, 2017 - Nasional

Pengertian dan Definisi Proklamasi – Tahukah Anda Apa yang dimaksud dengan Proklamasi? Proklamasi merupakan kata yang berasal dari Yunani yaitu proclamation yang mempunyai arti pengumuman kepada seluruh masyarakat.

Pengumuman tersebut khususnya menyangkut dengan hal – hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan.Proklamasi kemerdekaan adalah pengumuman kepada seluruh masyarakat tentang akan adanya kemerdekaan.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh dari Nomina

Proklamasi kemerdekaan juga diartikan sebagai pernyataan yang diberitahukan kepada  masyarakat negara tyang bersangkutan dan kepada dunia luar bahwa negara tersebut sudah merdeka dan terlepas dari penjajahan negara lain.

Pemberitahuan akan adanya kemerdekaan sejatinya tidak hanya ditujukan kepada masyarakat dari negara tersebut melainkan kepada masyarakat dari belahan dunia mana pun dan kepada semua bangsa yang ada di muka bumi.

Dengan Proklamasi Kemerdekaan yang sudah dikumandangkan kepada warga dunia maka terlahirlah negara baru yang telah bebas dari penjajahan negara lain.

Dengan proklamasi kemerdekaan maka lahirlah sebuah negara baru yang mempunyai kedudukan yang sama dengan negara – negara lain yang sudah ada sebelumnya.

Proklamasi merupakan langkah awal munculnya negara baru dengan tatanan kenegaraannya harus dihormati oleh negara – negara lain di dunia.

Proklamasi kemerdekaan bagi suatu bangsa bisa jadi merupakan puncak revolusi tonggak sejarah perjuanan bangsa tersebut yang sudah lama menanti – nantikan kebebassan dari belenggu para penjajah.

Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa yang belum merdeka adalah suatu yang sangat diharapkan agar terlaksana karena dengan proklamasi keerdekaan bangsa tersebut bisa hidup sederajat dengan bangsa – bangsa lain. Dengan proklamasi kemerdekaan, bangsa tersebut bisa meningkatkan taraf kehidupan bagi bangsanya sendiri.

Oleh karena itu, proklamasi kemerdekaan untuk suatu bangsan adalah hal yang tidak ternilai harganya sehingga untuk meraihnya suatu bangsa harus berjuang dengan mati- matian dan penuh pengorbanan.

Pada dasarnya, proklamasi kemerdekaan bagi satu bangsa mempunyai maksud untu :

  1. Melepaskan diri dari belenggu penjajah bangsa lain
  2. Bisa hidup sederajat dengan bangsa – bangsa lainnya yang sudah merdeka di pergaulan antar bangsa di dunia internasional
  3. Meraih tujuan bangsa

Sekian uraian materi mengenai pengertian dan definisi proklamasi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian sederhana Sexomnia serta bahayanya