Pengertian dan Definisi Self Centered

Pengertian dan Definisi Self Centered – Tidak banyak yang mengetahui istilah dari Self Centered ini. Karena memang merupakan salah satu bahasa yang cukup asing bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Namun walaupun seperti itu, sebenarnya Self Centered sangat dekat dan sangat familiar dengan kehidupan sehari- hari masyarakat Indonesia. Hanya saja dikenal dengan penyebutan yang berbeda. Mereka mengenalnya dengan nama egois.

Jika diartikan satu persatu, Self diartikan sebagai diri, sedangkan Centered berasal dari kata dasar Center yang berarti tengah atau pusat.

Jadi secara harfiah, Self Centered adalah sifat dimana seseorang lebih mementingkan dirinya sendiri. Kita semua mengetahui seperti apa sifat itu dan kita semua juga mengetahui betapa menyebalkannya orang yang memiliki sifat seperti itu.

Self Centered pada dasarnya adalah sifat yang sudah diajarkan sejak kita masih berada di bangku sekolah dasar untuk di jauhi. Karena sifat tersebut menandakan sifat acuh dan tidak peduli kepada lingkungan sekitar.

Namun walaupun kita diajarkan untuk dijauhi, terkadang orang yang memiliki sifat Self Centered adalah orang yang peduli pada lingkungan. Hanya saja terkadang mereka melakukannya dengan cara yang sangat berbeda dari kebanyakan orang.

Manusia adalah makhluk sosial yang keberadaannya tidak bisa terlepas jauh dari manusia lainnya. Manusia adalah makhluk kelompok. Oleh karena itu ketika ada sebuah permasalahan, terkadang kita menyelesaikannya secara bersama- sama.

Tapi masalahnya ketika masalah tersebut muncul, selalu ada saja orang yang seakan- akan tidak peduli dengan permasalahan itu dengan lebih mementingkan kehidupan pribadinya.

Tidak hanya dilingkungan kita tinggal, Self Centered bisa ditemui dimana saja. Bahkan dinegara maju sekalipun. Namun walaupun dapat ditemui di mana saja, masih banyak orang yang mengaitkan sifat Self Centered ini dengan sifat Introvert. Padahal keduanya adalah dua hal yang jauh berbeda.

Dapat dikatakan bahwa sifat Introvert atau sifat tertutup adalah sifat bawaan yang dimiliki seseorang. Mereka adalah sosok yang benar- benar tertutup bahkan merasa jauh dari orang- orang sekitarnya sehingga mereka enggan membuka diri.

Namun walaupun tertutup, sebenarnya orang dengan sifat introvert adalah orang yang sangat mudah untuk bersosialisasi.

Hanya saja mereka membutuhkan sedikit bantuan untuk melakukannya. Dan jika orang disekelilingnya tidak mengerti akan hal ini, orang introvert akan selamanya menjadi orang yang tertutup.

Berbeda lagi dengan mereka yang memiliki sifat Self Centered. Kebanyakan dari mereka adalah orang ekstrovert atau terbuka. Mereka mudah bergaul dan mudah membaur dengan lingkungan sekitarnya. Hanya saja ketika mereka sedang bersama orang lain, mereka lebih mementingkan dirinya sendiri.

Itulah kenapa ketika ada sebuah kegiatan bersama, mereka lebih memilih kegiatan pribadi yang menurutnya lebih penting bagi dirinya sendiri.

Itulah pengertian sederhana dari Self Centered atau sifat egois dan ingin menang sendiri. Terima kasih. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian dan Definisi © 2017 Frontier Theme