Pengertian Dan Sejarah Wifi

Pengertian Dan Sejarah Wifi – Di era kekinian, Wifi menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat. Hampir di setiap sudut kota atau desa, terdapat titik titik panas Wifi alias hot spot yang kerap dijadikan anak – anak muda hingga orang dewasa berkumpul sembari memainkan smart phone atau laptop masing – masing.

Wifi di beberapa kota besar juga sudah menjadi fasilitas umum yang wajib diletakkan di tempat – tempat umum. Seolah, tempat umum tidak akan lengkap tanpa adanya Wifi yang tidak berbayar alias gratis.

Seperti di taman bermain anak, kafe, warung kopi, atau lounge dan ruang tunggu. Perusahaan komunikasi milik pemerintah bahkan menyediakan tempat khusus untuk menggunakan Wifi gratis.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Self Centered

Nah, tapi sebenarnya apa Pengertian Dan Sejarah Wifi? Untuk informasi lengkapnya, cek dulu ulasan berikut ya…

Pengertian Dan Sejarah Wifi

Wireless Fidelity atau yang lebih dikenal dengan Wifi sejatinya adalah sebuah teknologi yang memungkinkan setiap orang bertukar informasi data atau berkomunikasi tanpa melalui jaringan kabel. Kabel di sini digantikan oleh keberadaan sinyal berupa frekuensi radio tertentu.

Cukup dengan membayar iuran sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu, di setiap rumah se antero tanah air sudah bisa menikmati layanan Wifi dengan kecepatan yang bisa dikatakan cukup stabil dan tinggi.

Fungsi Wifi Berkomunikasi

Dalam sebuah perusahaan, wifi tidak hanya berfungsi untuk berhubungan dengan dunia luar atau klien semata. Tetapi, wifi juga bisa menghubungkan antara sesama karyawan atau jaringan intranet.

Kemudian, ada sebuah titik hotspot yang menjadi pengendali pusat dari semua pengguna Wifi. Biasanya, pengendali hotspot dilengkapi dengan password dan username tertentu untuk menjaga keamanan jaringan.

Misalnya saja, untuk restoran, hotel, perusahaan, rumah tangga atau jaringan RT/RW dan sebagainya. Jika tidak diberi password atau kata kunci, maka bisa muncul potensi bahaya yang muncul adanya penyusup atau peretas yang dapat mengganggu kestabilan koneksi jaringan dan menghabiskan bandwidth.

4 Jenis Frekuensi Wifi

Ada 4 jenis frekuensi wifi yang dikelompokkan oleh IEEE (Electrical and Electronis Engineers), antara lain:

  1. 11b 11 Mb/s 2.4 GHz B
  2. 11a 54 Mb/s 5 GHz A
  3. 11g 54 Mb/s 2.4 GHz b, g
  4. 11n 100 Mb/s 2.4 GHz b, g, n

Sejarah WIFI

Sejarah awal Wifi dimulai ketika Federasi Komunikasi di Amerika Serikat pada tahun 1985 merilis pita GSM untuk dipergunakan tanpa lisensi.

Penggunaan komunikasi tanpa kabel ini kemudian berkembang pesat pada tahun 1991, ketika perusahaan AT/T atau sekarang Lucent Agere System membuat sebuah program untuk akuntansi atau kasir.

Vic Hayes, Bapak Penemu Wifi

Vic Hayes,  seorang pria yang dijuluki sebagai father of Wi fi mendesain ulang standar Wifi antara lain: IEEE 802.11a, 802.11b, dan 802.11g.

Seiring berjalan waktu, Wifi semakin berkembang dengan standar baru 802.11 yang lebih modern dan canggih untuk menunjang sebuah akses kecepatan tinggi dalam jaringan LAN (local area network).

Spesifikasi Wifi

Jaringan Wifi yang distandarisasi oleh IEEE, dibagi menjadi 3 macam. Yaitu:

  1. 11a,
  2. 11b,
  3. dan 802.11g

Standar ini berbeda dari segi jangkauan sinyal frekuensi dan kecepatan untuk mentransfer data. Berikut ini adalah perbandingan spesifikasi Wifi sesuai kecepatan, frekuensi band dan kecocokan dengan standarnya.

Spesifikasi Wi-Fi
Spesifikasi Kecepatan Frekuensi
Band
Cocok
dengan
802.11b 11 Mb/s ~2.4 GHz b
802.11a 54 Mb/s ~5 GHz a
802.11g 54 Mb/s ~2.4 GHz b, g
802.11n 100 Mb/s ~2.4 GHz b, g, n

Kesimpulannya, 802.11g adalah kombinasi antara 802.11a dan 802.11b. Jadi, jaringan yang memakai Wifi standar 802.11b dapat memakai Ap atau access point 802.11g. Dengan risiko, kecepatan transfer yang paling besar hanya sekitar 11 Mbps saja.

Semoga ulasan singkat tentang Pengertian Dan Sejarah Wifi dapat bermanfaat ya.

Baca Juga : Pengertian dan Keunggulan Youtube Picture in Picture

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian dan Definisi © 2017 Frontier Theme