Pengertian sederhana Sexomnia serta bahayanya

Pengertian dan Bahaya Sexomnia – Pernah mendengar istilah Sexomnia? Sexomnia adalah salah satu penyakit yang belum lama ini banyak diperbincangkan oleh media dibeberapa negara.

Pasalnya, penyakit ini berbeda dengan penyakit yang kita kenal pada umumnya.

Karena Sexomnia adalah kondisi dimana seseorang behubungan sex disaat dia sedang tidur.

Gajala Sexomnia hampir sama dengan gejala pada gangguan tidur lainnya. Seperti mengigau ataupun tidur berjalan. Artinya, kita tidak tahu kalau kita sedang berbicara atau berjalan karena pada dasarnya kita sedang tidur dengan nyenyak.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh dari Nomina

Seperti tidur berjalan, kita tidak tahu bagaimana kita bisa ditempat kita terbangun dari tidur karena pada dasarnya kita tidak menyadari kalau kita sudah berjalan pada saat tidur.

Dan Sexomnia sama seperti itu. Hanya saja yang dilakukannya adalah berhubungan sex.

Sexomnia bukanlah sebuah penyakit yang baru ditemukan. Pasalnya, pada tahun 1996 lalu penyakit ini juga sudah diteliti oleh tiga orang pakar kesehatan.

Mereka adalah Dr. Colin Shaprio, Dr. Paul Pedorof, dan Dr. Nik Trajanovic dari University of Ottawa, Kanada. Sayangnya, penelitian tersebut tidak mendapatkan respon yang baik dari masyarakat dan mengakibatkan penelitian tersebut kemudian dihentikan.

Penelitian menyebutkan, bahwa Sexomnia sangat dekat hubungannya dengan penyakit Parasomnia. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang menyerang otak penderitanya.

Hanya saja, berbeda dengan kanker, penyakit ini biasa aktif ketika penderitanya sedang tidur. Sederhananya, penyakit ini membuat kita mengalami kebingunan untuk menentukan apa yang kita sedang lakukan itu nyata atau hanya bagian dari mimpi.

Seperti misalnya ketika mereka bingung menentukan mereka sedang benar- benar berjalan atau hanya sedang berjalan didalam mimpi.

Sama halnya dengan Sexomnia, penderita melakukan hubungan sex karena mengira itu adalah bagian dari mimpi walaupun sebenarnya dia benar- benar sedang berhubungan sex.

Penyakit, Sexomnia adalah salah satu kasus langka yang berbahaya. Pasalnya, seseorang yang mengalami gangguan ini selalu melakukan sex, pemerkosaan, bahkan kekerasan seksual.

Bahkan beberapa waktu lalu kasus inipun sempat dibawa ke meja hijau di suatu negara. Hanya saja, ketika diketahui tersangka mengidap Sexomnia, dia kemudian dibebaskan.

Neurolong, Professor Michel Cramer Bornemann, MD, dari Universty of Minnesota, Amerika, mengatakan, “Kadang seseorang tidak menyadarinya.

Dalam banyak kasus juga, dia merasa malu mencari bantuan seorang professional. Tapi ini sesuatu yang menempatkan seserang dalam bahaya jika diabaikan”.

Pada awalnya, tindakan yang dilakukan oleh penderita Sexomnia dinilai sebagai sebuah kejahatan karena menganggap Sexomnia adalah perilaku yang dilakukan dengan sengaja karena gangguan medis tertentu.

Namun, selang waktu berlalu, ternyata pernyataan itu kemudian dikaji ulang oleh para ahli yang ada di dunia dan meyatakan bahwa Sexomnia adalah murni gangguan tidur yang harus dengan segera di obati.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Heksana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian dan Definisi © 2017 Frontier Theme