Pengertian Zat Gizi dan Ilmu Gizi

Rabu, Februari 15th, 2017 - Ilmu Pengetahuan

Pengertian Zat Gizi dan Ilmu Gizi1001pengertian.com – Gizi merupakan terminology yang sering kita dengar sehari-hari, namun apa sebenarnya yang dinamakan gizi?

Pengertian Gizi Secara Umum adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan dan memperbaiki jaringan tubuh.

Pengertian Gizi adalah dimana gizi berasal dari bahasa mesir yang berarti “Makanan”. Gizi adalah terjemahan dari kata “Nutrition” yang disebut sebagai nutrisi.

Namun gizi juga dapat diartikan sebagai suatu hal yang mempengaruhi adanya proses perubahan pada setiap makanan atau minuman yang mauk ke dalam tubuh, dapat mempertahankan tubuh tetap prima.

Banyak ilmuwan yang mendalami tentang gizi dan menjadi ahli gizi, dan Ilmu Gizi adalah ilmu yang zat-zat gizi yang ada pada makanan dan penggunanya dalam tubuh yang meliputi masukan, pencernaan, penyerapan, pengangkutan (transpor), metabolisme, interaksi, dan penyimpanan serta pengeluaran.

Semua hal ini merupakan proses zat gizi pada tubuh. Selulurh organisme akan membutuhkan gizi atau nutrisi misalnya untuk pertumbuhan dan perkembangan dan gizi tersebut yang dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh yang meliputi protein, vitamin, mineral, lemak dan air.

Zat gizi diperoleh dari makanan yang didapatkan dalam bentuk sari makanan dari hasil pemecahan pada sistem pencernaan.

Zat gizi dibagi menjadi dua yaitu zat gizi organik dan zat gizi anorganik. Zat -zat gizi organik seperti lemak, vitamin, karbohidrat, dan protein.

Sedangkan zat gizi anorganik adalah terdiri dari air dan mineral. Menurut sumbernya zat gizi bisa berasal dari hewan yang disebut gizi hewani dan berasal dari tumbuhan yang disebut gizi nabati.

Sedangkan berdasarkan jumlah yang dibutuhkan gizi dibagi menjadi dua yaitu makronutrisi dan mikronutrisi, dan berikut ini merupakan fungsi dari gizi :

  • Sumber Energi Bagi Tubuh : maksud dari sumber energi bagi tubuh atau tenaga bagi tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti lemak, protein dan karbohidrat.
  • Pembangun dan Penjaga Tubuh : maksud dari pembangun dan penjaga tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti mineral, protein, vitamin dan lemak.
  • Pengatur Kerja dalam Tubuh : maksud dari pengatur kerja dalam tubuh ialah untuk mengatur proses metabolisme yang ada dalam tubuh yang digolongkan pada jenis gizi seperti air, lemak, protein dan mineral