Proses, Cara, Dan Jenis Penyerbukan Bunga Durian

Proses, Cara, Dan Jenis Penyerbukan Bunga Durian – Perlu memperhatikan lebih serius cara perkembangbiakan tumbuhan apabila anda ingin menghasilkan Buah Durian yang lezat dan berukuran jumbo.

Fase pertumbuhan Buah Durian yang terpenting adalah penyerbukan. Fase penyerbukan adalah sebuah kegiatan sebagai media untuk bertemunya antara sel – sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina sehingga diharapkan akan menghasilkan ‘zigot’. Yang dimaksud dengan zigot merupakan hasil reproduksi melalui cara perkembangbiakan tanaman yang dilakukan secara generatif sehingga mampu terus – menerus bertahan hidup dan berkembang.

Namun sebelumnya apakah anda sudah mengetahui tentang bagaimana cara penyerbukan bunga Buah Durian terjadi ?

Sebelum belajar tentang cara penyerbukan bunga Buah Durian maka perlu mengenal yang namanya bagian – bagian bunga beserta struktur ‘anatomi’ dari bunga Buah Durian. Bunga Durian termasuk ke dalam kelompok bunga lengkap dan sempurna. Maka dari itu Buah Durian dikenal sebagai salah satu tanaman buah yang mempunyai alat kelamin bunga dalam 1 bunga.

Struktur anatomi Bunga Durian terdiri atas dasar bunga, kelopak bunga, tajuk, benang sari dan putik. Pada bagian dasar bunga dan tajuk memiliki bentuk rata, kelopak bunga berwarna hijau menyerupai bentuk bulu, mahkota bunga tersusun dengan rapi dan berwarna putih kekuningan yang sepintas pandang terlihat sangat indah ketika sedang musim tanaman Buah Durian sedang berbunga. Selanjutnya pada bagian benang sari dan putik masing – masing terletak pada dasar bunga dan tengah – tengah dari mahkota Bunga Durian.

Nah Bunga Durian dikenal memiliki posisi benang sari dan putik seperti tersebut di atas sehingga dari kondisi ini dapat dipelajari tentang bagaimana cara melakukan penyerbukan terhadap Bunga Durian yaitu pada umumnya terdiri dari beberapa jenis yang bisa dilakukan oleh hewan maupun manusia.

Penyerbukan terbanyak dilakukan adalah oleh tangan – tangan manusia dimana memberikan keuntungan yaitu anda dapat dengan mudah melakukan pengaturan kapan penyerbukan bisa dimulai.

Berikut di bawah ini adalah cara penyerbukan Bunga Durian yang termudah sehingga paling banyak dilakukan yaitu oleh bantuan manusia.

Bunga Durian yang dipilih adalah yang sudah mekar dengan sempurna serta mulai mengeluarkan aroma Durian yang agak menyengat. Seperti diketahui bahwa bentuk Bunga Durian adalah berupa mangkok dengan terdiri dari 5 helai kelopak. Lalu kumpulkan serbuk sari pada masing – masing Bunga Durian dan simpan di dalam larutan air dalam botol semprot. Pencampuran dengan air memungkinkan dan mempermudah serbuk sari tak mudah berpindah – pindah tempat. Selanjutnya semprotkan serbuk sari Bunga Durian pada rumpun Bunga Durian di pohon lainnya yang akan anda pilih sebagai media untuk melakukan penyerbukan.

Apabila kegiatan penyerbukan yang anda lakukan tersebut di atas berhasil maka dalam beberapa hari bakal Buah Durian akan muncul dengan ditandai rumpun buah yang kecil – kecil dalam bentuk buah berukuran diameter sekitar 5 Cm memiliki warna cokelat muda atau hijau muda.

Keberhasilan penyerbukan Bunga Durian tergantung dari teknik penyerbukan dengan memperhatikan dimana letak Bunga Durian dari pohon yang akan dipilih. Jangan lupa memeriksa ulang letak Bunga Durian dari sebuah pohon yang dipilih dari bagian batang hingga puncak dari pohon tersebut. Di Indonesia, rata – rata petani buah hanya memanfaatkan Bunga Durian dibagian batang saja sedangkan yang lainnya terabaikan. Hal ini dilakukan karena alasan dapat mengganggu proses ‘fotosintesis’ terhadap tumbuhan Durian karena pada bagian yang lainnya terlalu banyak membutuhkan energi.

Apabila anda mengharapkan mendapatkan pohon Buah Durian yang mempunyai ukuran tinggi, bunga serta buah sesuai dengan harapan anda maka perlu mengaplikasikan jenis hormon terhadap tanaman yang dimaksud untuk tujuan ini.

Demikian ulasan singkat dari kami tentang proses, cara dan jenis penyerbukan Bunga Durian agar dapat memberikan manfaat. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian dan Definisi © 2017 Frontier Theme